Search

BISNIS WALET UNTUK PEMULA


Konsultasi ke ahlinya kunci sukses bisnis sarang walet untuk pemula

Giat belajar, tinjau lokasi, dan amunisi berkualitas.


Tingginya keuntungan berbisnis walet membuat banyak orang tergiur mendalaminya. Namun, logika bisnis harus tetap jalan. Ketika sebuah bisnis memberikan keuntungan yang besar, maka risiko yang dihadapi juga besar. Banyak pebisnis hanya bermodal semangat dan dana, tapi tanpa pengetahuan, sehingga hanya berbuah kegagalan. Jangankan keuntungan, balik modal pun luput dari genggaman mereka. Namun disatu sisi, tidak sedikit juga pemula yang sukses berbisnis sarang walet meski pengalamannya baru seumur jagung.


Karena hal tersebut, munculah beragam pertanyaan. Misalnya, bagaimana cara memulai bisnis sarang walet? Mulai dari mana dulu? Apa saja yang harus dipersiapkan? Berapa modal awalnya? Pertanyaan-pertanyaan itu pada umumnya mudah untuk dijawab, tetapi menerapkannya lebih sulit. Almarhum Bob Sadino pernah ditanya, bisnis apa yang paling bagus prospeknya dan darimana memulainya? Sang legenda dunia agribisnis itu menjawab, “Yang penting jalankan saja dulu. Prospek itu dilakukan bukan dipikir.”


Banyak orang yang ingin menekuni bisnis sarang walet, tapi tidak pernah terlaksana karena tidak pernah memulai. Karena itu, segera eksekusi, tentunya dengan persiapan-persiapan yang matang. Berikut tiga hal yang harus anda persiapkan untuk memulai bisnis sarang walet.


Giat Belajar dari Sumber yang Tepat


Siapapun ketika hendak mendalami hal baru, harus belajar dengan giat. Beragam sumber belajar mengenai bisnis walet sudah banyak disekitar kita, mulai dari buku, majalah, internet, atau ngobrollangsung dengan para pebisnis sarang walet yang sudah sukses. Interaksi langsung dengan yang lebih berpengalaman adalah yang paling jitu. Sebuah pepatah mengatakan, ‘pengalaman adalah guru yang terbaik’.

Karena itu, bergabunglah dengan komunitas-komunitas walet, atau kalau perlu temui salah seorang pebisnis sarang burung walet. Jika ada modal lebih, bisa berbincang-bincang langsung dengan konsultan walet. Belajar lah dengan giat dari sumber-sumber tersebut.


Tinjau Lokasi yang Strategis


Setelah menambah pengetahuan dari sumber yang tepat, pemilihan lokasi rumah burung walet menjadi hal tidak kalah penting sebagai faktor penentu kesuksesan. Salah memilih lokasi, burung walet menjadi tidak bersarang dan hasilnya adalah rugi. Sebaliknya, lokasi tepat membuat kemungkinan walet bersarang lebih tinggi sehingga keuntungan lebih mungkin didapat.


Karena itu, sebagai pemula, carilah lokasi-lokasi yang sudah banyak didirikan rumah walet. Lokasi yang sudah banyak dipilih para pebisnis ini lebih mungkin menjanjikan keuntungan, meski mungkin tidak banyak, karena persaingannya tinggi. Akan tetapi, sebagai pemula, lokasi seperti ini juga bisa menjadi ajang untuk belajar langsung di lapangan, yaitu belajar dengan terjun langsung dan mengamati bagaimana pebisnis lain yang sukses menjalankan rumah burung waletnya.


Jika memulai dengan lokasi yang benar-benar baru, resiko kegagalan akan lebih tinggi karena masih seperti ‘berjudi’. Namun, jika berhasil, tentu keuntungan akan sangat tinggi. Kembali lagi, tinggi resiko, tinggi hasil, dan sebaliknya. Akan tetapi alangkah baiknya kalua resiko bisa diminimalkan sekecil mungkin, dan keuntungan dimaksimalkan. Resiko dapat diminimalkan dengan beberapa cara seperti sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu giat belajar, lokasi yang tepat, dan amunisi berkualitas.

Gunakan Amunisi Bekualitas


Ketika anda sudah memiliki lokasi, maka langkah selanjutnya adalah menyediakan peralatan dan perlengkapan penunjang. Beberapa peralatan yang wajib disediakan diantaranya adalah tweeter atau suara pemanggil walet, amplifier atau penguat suara, dan berbagai alat lainnya. Audax sebagai produsen peralatan sarang walet sejak 1986, sangat cocok bagi para pemula maupun profesional. Audax sudah berkontribusi selama lebih dari 30 tahun di Indonesia untuk memajukan bisnis walet dengan menyediakan peralatan bisnis walet berkualitas tinggi, awet, dan terjamin, dengan harga yang ekonomis. Produk wajib punya yang direkomendasi Audax untuk pemula adalah AX-61 sebagai tweeter, dan amplifier AXM-11.


Setelah tiga langkah diatas Anda lalui, maka kesuksesan semakin mungkin Anda raih. Tekuni dan cintai bisnis yang anda lakukan. Segala tantangan dan rintangan yang datang, hadapi dengan penuh semangat dan sukacita. Selamat berbisnis!

345 views

Copyright © 2020 by AUDAX Indonesia. All rights reserved.

  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon