Search

SUARA DAN AROMA PEMIKAT WALET



Menggunakan suara dan aroma agar walet menginap


Memiliki gedung walet di lingkungan strategis dengan tata ruang baik adalah modal utama berbisinis sarang burung walet. Namun, itu belum menjadi jaminan si liur emas menginap. Berkaca pada tahun 1990—2000 menarik walet agar menginap di gedung lebih mudah dibandingkan masa sekarang. Itu karena populasi walet masih dominan dibandingkan jumlah gedung walet. Artinya tidak banyak pilihan bagi walet menginap.


Kondisi terkini hampir di setiap daerah persaingan merata. Jumlah gedung bertambah tetapi tidak dibarengi dengan peningkatan populasi walet. Imbasnya si liur emas bisa memilih gedung mana yang paling nyaman untuk menginap. Sehingga fasilitas gedung walet dituntut mumpuni agar walet nyaman. JIka kualitas gedung walet sama atau lebih rendah dibandingkan gedung walet lama, harapan walet berpindah menginap di gedung baru rendah.


Aroma


Cara menarik walet agar menginap antara lain dengan aroma dan suara. Mengaplikasikan wewangian seperti dupa lazim dilakukan. Terutama bagi pelaku yang memiliki gedung walet baru. Pada banyak kasus, walet sering menginap di vihara. Itu dipercaya karena walet tertarik aroma dupa. Pengalaman membuktikan walet lebih tertarik menginap di tempat yang memiliki aroma khas, dibandingkan tempat yang tak memiliki aroma khas.


Kini parfum atau aroma pemikat walet marak di pasaran. Pilihannya pun relatif banyak, dari penggunaan secara manual hingga otomatis. Manual dalam arti melarutkan bahan aroma dengan air lalu menempelkan dengan cara dikuas seperti layaknya mengecat. Biasanya dioles pada papan sirip. Beberapa produsen membuat parfum aroma lebih modern. Mereka mengemas aroma pada tabung spray. Sehingga lebih mudah menggunakannya seperti layaknya spray.


Parfum aroma yang dikemas spray pun bisa dikombinasikan dengan dispenser khusus. Penggunaannya seperti pengharum ruangan. Namun, lebih canggih lagi. Pemilik gedung bisa mengatur kapan waktu menyemprot secara otomatis. Lazimnya pemilik gedung mengatur pada pagi dan sore hari. Ketika walet ke luar gedung dan kembali masuk ke dalam gedung. Pemilik gedung lazim meletakan parfum di ruang inap dan dekat pintu ke luar masuk. Tujuannya aroma mengenai walet dan bisa memikat walet lain di luar agar ikut menginap. Selain itu, bisa juga memakai tweeter yang memiliki tempat menaruh parfum, seperti AX-65S.


Suara


Cara lainnya memikat walet menggunakan suara. Salah satu pilihan memikat walet dengan suara, menggunakan produk Audax. Audax salah satu produsen peralatan sarang walet sejak 1986. Suara memangil walet terbagi menjadi 3. Antara lain suara panggil, suara tarik, dan suara inap. Suara panggil berfungsi memanggil walet agar singgah di gedung. Contoh produk keluaran Audax yakni, AX-70, AX-93, AX-95, AX-10, AX-4000, dan AX-5000.


Adapun suara tarik adalah suara panggil yang disesuaikan dan di letakan pada pintu masuk ruang inap. Sehingga walet tidak melulu berputar-putar di ruang putar. Suara tarik harus lebih kuat dibandingkan suara panggil. Kuat bukan berarti volume keras, melainkan kualitas suara lebih bagus, sehingga walet tertarik masuk ke ruang inap. Contoh tweeter tarik yakni AX-65, AX-65S, AX-1000, AX-2000, dan AX-3000.


Suara lain yang penting yakni suara inap. Fungsi suara inap memancing walet untuk menginap dan bersarang di gedung walet. Contoh produk tweeter Audax untuk menghasilkan suara inap antara lain, AX-61, AX-61s, Ax-61c, AX-62, dan AX65s. Ciri khas tweeter inap kreasi Audax mengeluarkan suara lembut sehingga membuat walet nyaman untuk menginap. Agar hasil lebih optimal pemilik gedung walet bisa menambahkan suara center. Suara center adalah tweeter yang berada di tengah tweeter inap. Fungsinya membagikan suara secara merata di ruang inap. Beberapa pilihan tweeter suara center yakni AX-50 dan AX-55. Ciri khas perangkat suara bagus antara lain, mirip dengan suara asli, dan juga tahan lama.





Lingkungan mendukung, tata ruang gedung baik, perangkat suara penarik walet tepat, dan aroma gedung disenangi walet adalah jaminan agar si liur emas betah menginap di gedung anda. Komposisi itu ibarat hal wajib berbisnis walet di era sekarang. Apalagi di tempat dengan persaingan gedung tinggi. Terus belajar, pilih produk yang tepat dan selamat berbisnis walet!

669 views

Copyright © 2020 by AUDAX Indonesia. All rights reserved.

  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon